Virus Pemakan Bakteri (Bakteriofag) 10.1

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Dua orang ilmuwan bernama Twort (1916) dan d'Herelle (1917) menemukan virus penyerang bakteri yang menyebabkan bakteri lisis (pecah). Virus yang menyerang bakteri disebut Bakteriofag  (bacteriophage = pemakan bakteri) atau sering disingkat phage (fag). Fag yang sering diselidiki adalah fag yang bersifat parasit pada bakteri E. coli yang disebut T-coli.


Ada beberapa fag yang sudah dikenal yaitu fag T2, T3, T4, T5, T6, dan T7,. secara morfologi bentuk luar keenam fag tersebut tidak banyak berbeda. akan tetapi , secara serologi (ilmu yang memepelajari serum) mereka menunjukkan perbedaan yang nyata.

Fag T2, T4, T6, disebut T genap, termasuk satu golongan serologi.

T3 dan T7 termasuk golongan serologi yang lain , sedangkan T3 dan T5 berlainan satu sama lain dan juga berbeda dengan golongan serologi T yang lain.

fag T terdiri atas kepala berbentuk heksagonal dengan diameter 50 - 65 mµ, panjangnya sampai 100mµ. panjang ekornya sampai  100mµ. Kepala merupakan bagian utama yang pusatnya terdiri atas DNA. Bagian luar berupa selubung protein sebagai pelindung. Ekor berupa tabung tersumbat dilengkapi benang / serabut.



Beri Penilaian

Rating : 4.0/5 (48 votes cast)


Peralatan pribadi