Gerak Benda

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

Peta Pikiran


Pernahkah kamu melihat air terjun? Air itu jatuh dari ketinggian tertentu, kemudian mengalir. Jatuh dari ketinggian tertentu dan mengalir merupakan contoh gerak benda.
Hampir setiap saat kita menjumpai benda yang bergerak. Gerakan itu menandai terjadinya suatu perubahan.

               image:angel.bmp                               image:niagara.jpg


Setiap hari makhluk hidup selalu menggerakkan anggota tubuhnya. Kita berjalan ke sekolah, hewan berlari menghindari bahaya, dan tumbuhan pun bergerak juga.

Nah sekarang, coba gerakkan jarimu dari ujung meja ke ujung meja yang lain! atau kamu berjalan ke pintu.


Benda tak hidup juga bergerak. Contohnya air, dia mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Tahukah kamu bahwa awan dan bumi juga selalu bergerak?

Jadi, apakah yang dimaksud dengan gerak? Mengapa benda dapat bergerak?


Benda dapat bergerak karena ditarik atau didorong. Gerak benda dipengaruhi oleh ukuran benda, bentuk permukaan benda, dan kehalusan permukaan benda.


Cara Benda Bergerak

Seperti yang kita tahu, benda padat, cair dan gas dapat bergerak. Tapi karena sifatnya berbeda, cara bergerak ketiga benda itu juga berbeda.

Benda yang wujudnya sama juga dapat mengalami perbedaan gerak. Coba perhatikan, apakah sama gerak kelereng dengan pensilmu ketika diletakkan pada papan miring?


Gerak Benda Padat

Perhatikan gambar disamping ini!
Bagaimanakah gerak roda gerobak setelah didorong?
Gerak yang terjadi pada roda gerobak disebut menggelinding. Apakah benda yang lain juga dapat bergerak selain itu? Untuk memahami gerak benda yang lain, coba kamu lakukan kegiatan berikut ini!


image:bagan.png


Dari kegiatan di atas,kita jadi tahu bahwa gerak kelereng dan pensil disebut menggelinding. Sedangkan balok kayu itu bergerak dengan cara meluncur. Selama meluncur, bagian balok kayu yang menyentuh papan tidak berubah.


a. Menggelinding
Menggelinding merupakan gerak yang dilakukan oleh benda yang berbentuk bulat atau lingkaran. Contohnya gerak roda mobil dan sepeda pada saat berjalan. Selama bergerak, permukaan roda yang mengentuh tanah (landasan) selalu berubah.


b. Berputar
Gerak berputar mirip dengan menggelinding, tetapi benda tidak mengalami perpindahan. Gerak berputar biasanya mempunyai poros dan lintasan geraknya berbentuk lingkaran. Misalnya gerak jarum jam dan baling-baling helikopter.


c. Jatuh
Jatuh adalah gerak benda dari atas ke bawah. Contohnya buah durian yang jatuh karena lepas dari tangkainya. Gerak jatuh disebabkan adanya gaya tarik bumi (gravitasi) yang menyebabkan semua benda jatuh ke bawah.



d. Memantul
Memantul adalah gerak benda setelah terjadi tumbukan. Contohnya adalah gerak bola bekel. Mula-mula bola bekel jatuh dari atas ke bawah. Setelah menumbuk lantai, arah gerak bola bekel berubah, yaitu dari bawah ke atas. Namun setelah mencapai ketinggian tertent, bola bekel akan jatuh lagi ke bawah, kemudian memantul lagi. Hal itu akan terus berlangsung sampai akhirnya bola bekel berhenti.Contoh lainnya pada permainan bola basket.


Gerak Benda Cair

Dokumen pribadi Fitri Sulastri
Dokumen pribadi Fitri Sulastri

Benda yang hanyut di sungai dikatakan bergerak. Boleh dibilang, gerakan benda itu disebabkan oleh gerakan air sungai. Arah gerakan air selalu dari tempat yang tinggi menuju ke tempay yang lebih rendah. Gerakan yang dilakukan oleh zat cair disebut mengalir.



Gerak mengalir juga dapat kamu amati pada saat kamu menuangkan air ke dalam gelas atau pada saat petugas pom bensin memasukkan bensin ke dalam tangki.

Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Cobalah perhatikan bak penampungan air di rumahmu. Bak itu diletakkan di tempat yang tinggi agar air dalam bak dapat mengalir dengan mudah.

Aliran air hujan pun jatuh dari tempat yang tinggi. Air sungai mengalir dari daerah pegunungan menuju ke tempat yang lebih rendah. Akhirnya, air sungai masuk ke laut. Karena itu, laut merupakan tempat yang paling rendah di permukaan bumi.

Selain zat cair, gerak mengalir juga dialami oleh gas. Contohnya kompor gas. Bahan bakar kompor gas berasal dari gas yang ada di dalam tabung. Ketika digunakan, bahan bakar dalam tabung mengalir ke dalam kompor gas dan diubah menjadi energi panas, sehingga kompor dapat menyala. Jika gasnya habis, kompor tidak dapat dinyalakan. Berarti, aliran gas dari tabung ke kompor berhenti.

Hal-hal yang Memengaruhi Gerak Benda

Di awal, kamu sudah mencoba melakukan perbandingan gerak benda. Cobalah sekali lagi, ya.

Tahanlah kelereng dan balok kayu pada papan miring dengan kedua tanganmu. Kemudian lepas keduanya secara bersamaan. Kelereng akan menggelinding dan balok kayu akan meluncur. Manakah yang lebih cepat?

Tentu saja, kelereng lebih cepat menyentuh lantai. Kenapa itu bisa terjadi? Karena perbedaan besar gesekan antara benda dan papan. Gesekan antara kelereng dan papan lebih kecil daripada gesekan antara balok kayu dan papan. Hal itu karena bagian kelereng yang menyentuh papan lebih sempit daripada bagian balok kayu yang menyentuh papan. Akibatnya, gerakan kelereng lebih cepat dari balok kayu.

Jadi, gerak benda dipengaruhi oleh bentuknya.

Bola berisi angin berbentuk bulat, sedangkan bola kempes berbentuk penyok. Jika kamu dorong dengan tenaga yang sama, bola yang berisi angin akan bergerak lebih jauh dari bola yang kempes. Itulah mengapa menaiki sepeda yang bannya kempes terasa lebih berat daripada sepeda yang bannya berisi angin.

Untuk lebih memahami hal-hal yang memengaruhi gerak benda, coba kamu lakukan kegiatan berikut ini.


image:siapkan.png

Berat benda memengaruhi gerak benda. Hal itu dapat kamu buktikan dengan cara membandingkan panjang regangan karet gelang pada kegiatan diatas. Karet gelang yang digunakan untuk menarik mobil mainan yang telah diberi bebanlebih panjang daripada mobil mainan yang tidak diberi beban.

Mobil mainan yang berada pada papan yang telah dilapisi plastik memberi regangan karet gelang lebih pendek daripada mobil mainan yang diatas papan. Itu karena permukaan plastik lebih halus daripada permukaan papan kayu. Karenanya, mobil mainan yang berada pada papan yang dilapisi plastik lebih mudah bergerak.

Kegunaan Gerak Benda

Perhatikanlah roda sepeda yang sedang berputar. Pada saat berjalan, roda sepeda mengalami dua gerakan, yaitu menggelinding dan berputar. Roda dikatakan bergerak menggelinding jika dilihat dari jalan yang dilalui. Namun jika dilihat dari porosnya, maka roda sepeda berputar. Sepeda tentu tidak akan bisa berjalan jika rodanya tidak berputar, bukan? Dengan demikian, gerak roda sangat berguna bagi kita.


Roda telah lama digunakan manusia untuk memudahkan memindahkan benda. Sebelum roda ditemukan, nenek moyang kita mengunakan kayu gelondongan untuk memindahkan benda. Setelah itu dibuatlah roda dari kayu. Kemudian agar ringan tapi tetap kuat, maka roda diberi jeruji. Sekarang roda dibuat dari ban yang diisi angin dan dipasang pada pelek.

Dengan memahami sifat gerakan air, kita dapat mempermudah pekerjaan. Untuk memindahkan air dari tempat yang tinggi, kita tinggal mengalirkannya. Di daerah tertentu, aliran sungai dapat dimanfaatkan untuk transportasi, contohnya perahu dan rakit. Gerak mengalir pada air juga dimanfaatkan oleh perusahaan air minum (PAM).


Arung jeram merupakan olah raga yang menggunakan perahu karet, palampung, dan dayung. Perahu karet digerakan oleh aliran air yang deras. Oleh karena itu, gerak perahu harus diarahkan dengan menggunakan dayung. Hal itu dapat menimbulkan keasyikan tersendiri bagi orang yang ada diatasnya, yang rata-rata menyukai tantangan.


Ada pula olah raga selancar, yang memanfaatkan gerakan gelombang laut. Olah raga ini memerlukan papan khusus untuk berselancar. Orang yang berselancar dapat kamu jumpai kalau kamu berwisata ke pantai.

Arung jeram
Arung jeram


Selancar
Selancar

Gerak air dapat menerjang benda yang ada di depannya. Misalnya ketika kamu menyiram kotoran di lantai air di gayung atau di selang. Kotoran itu akan diterjang oleh air sehingga lantai menjadi bersih kembali. Ketika kamu mandi, mencuci piring, san banyak lagi. Semakin kencang aliran air, semakin mudah memberikan kotoran.

Air yang mengalir dapat menggerakkan kincir pada pembangkit listrik tenaga air. Selanjutnya, kincir air digunakan untuk menggerakkan generator. Generator inilah yang menghasilkan energi listrik. Makin kencang putaran generator, listrik yang dihaslkan makin besar. Selanjutnya, energi listrik yang dihasilkan oleh generator disalurkan ke rumah-rumah penduduk yang memerlukan.

Gerak tubuh

Kita dapat bergerak kemanapun kita mau dengan cepat dan menghentikannya. Kita juga dapat melompat, berdiri, dan duduk. Hal itu dapat kita lakukan karena tubuh kita banyak memiliki otot, saraf, dan tulang. Otot menerima pesan dari saraf untuk menggerakkan tulang. Maha Besar Allah yang telah mencipatakan kita dan dunia ini dengan sempurna.

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org

http://satucycling.multiply.com

http://www.kamera-digital.com

http://www.kapanlagi.com


Beri Penilaian

Rating : 3.8/5 (12 votes cast)


Peralatan pribadi