BAB.5 BENDA DAN SIFATNYA

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

Wujud Benda

Dimas hendak pergi ke sekolah. Oleh ibu, Dimas diberi bekal sebatang cokelat. Ketika jam istirahat, Dimas membuka perbekalannya. Dimas menjadi heran, mengapa cokelat yang tadinya padat sekarang sudah meleleh? Hal tersebut terjadi juga pada Leo. Leo membawa es krim. Es krim yang Leo bawa ternyata mencair. Dimas dan Leo menanyakan hal tersebut kepada ibu guru. Ibu guru menjelaskan bahwa suatu benda memiliki sifat-sifat tertentu dan dapat mengalami perubahan. Perubahan benda tersebut dapat disebabkan banyak faktor, seperti pembakaran, pemanasan, udara terbuka, dan masih banyak lagi. Tahukah kamu, apa saja sifat-sifat benda dan perubahannya? Agar kamu mengetahuinya, pelajari materi dalam bab ini.

Masih ingatkah kamu pelajaran sebelumnya tentang benda di kelas 1? Sekarang, perhatikan benda-benda yang ada di sekitarmu. Misalnya, di dalam rumah, ruang kelasmu, atau lingkungan sekitarmu. Dapatkah kamu menyebutkannya?
Benda yang ada di sekitarmu terdiri atas benda padat, cair, dan gas. Benda berwujud padat disebut benda padat, benda berwujud cair disebut benda cair, sedangkan benda yang wujudnya tidak terlihat tetapi dapat diketahui keberadaannya disebut benda gas.

A Wujud Benda

1. Benda Padat

Ambillah salah satu benda yang ada di rumahmu, misalnya buku IPA-mu. Apakah buku tersebut terasa berat? Kemudian, pindahkan ke berbagai tempat, misalnya ke dalam tasmu, lalu simpan di atas meja, lalu simpan di atas kursi. Apakah buku tersebut berubah bentuknya?

Ayo, Cari Tahu 5.1

Mengamati Wujud Benda Padat

Tujuan
Kamu dapat menyimpulkan wujud dari benda padat.

Alat dan Bahan
1. Bolpoin atau pensil                4. Sapu tangan
2. Buku IPA                                5. Penghapus
3. Kertas                                    6. Benang

Langkah Kerja
1. Ambil setiap bahan yang telah kamu siapkan.
2. Pegang setiap benda, kemudian tekanlah
    benda-benda tersebut. Bagaimana bentuknya?
3. Kemudian, pindahkan benda-benda tersebut
    dari suatu tempat ke tempat lainnya.
    Berubahkah bentuknya?
4. Tulislah hasil pengamatan pada buku latihanmu
    seperti pada tabel di bawah ini.


Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Apa yang terjadi pada benda-benda ketika dipegang dan ditekan?
2. Apa yang terjadi pada benda-benda ketika dipindahkan?
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?

Dari kegiatan yang telah kamu lakukan, apakah kamu telah mengetahui, termasuk benda apakah buku IPA-mu? Benar, buku IPA-mu termasuk benda padat karena bentuknya tetap, walaupun buku tersebut dipindahkan ke berbagai tempat. Benda padat juga memiliki kekerasan tertentu. Namun, benda padat dapat dengan sengaja diubah bentuknya, misalnya dengan cara dipotong, disobek, dan dipanaskan.

2. Benda Cair

Amatilah benda di rumahmu, seperti air minum, kecap, minyak goreng, minyak tanah, dan sirop. Benda-benda tersebut merupakan benda cair. Tahukah kamu mengapa sirop disebut benda cair? Agar kamu lebih memahami tentang sifat
benda cair, lakukanlah kegiatan berikut ini.

Ayo, Cari Tahu 5.2

Mengamati Sifat Benda Cair

Tujuan
Kamu dapat menyimpulkan sifat dari benda cair.

Alat dan Bahan
1. Botol bekas            4. Kaleng bekas susu kental manis
2. Mangkuk                5. Air bersih secukupnya
3. Gelas

Langkah Kerja

1. Tuangkan air ke dalam botol sampai penuh.
2. Lalu, tuangkan air itu ke dalam mangkuk.
3. Tuangkan lagi air tersebut ke dalam gelas. Apa yang terjadi?
4. Terakhir, tuangkan air dari gelas ke dalam kaleng. Apakah air tersebut berkurang?
5. Amatilah bentuk air ketika dituangkan ke dalam botol, mangkuk, gelas, dan kaleng.

Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Apa yang terjadi pada air ketika dipindahkan ke berbagai tempat?
2. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?

Ketika air dituangkan ke dalam botol, bentuknya menyerupai botol. Begitu pula ketika air dituangkan ke dalam mangkuk, gelas, dan kaleng. Bentuknya akan menyerupai mangkuk, gelas, dan kaleng. Dengan demikian, bentuk benda cair selalu menyerupai bentuk wadah yang ditempatinya. Apakah kamu dapat menggenggam benda cair? Apakah sifat benda cair lainnya? Agar kamu mengetahuinya, lakukanlah kegiatan berikut ini.

Ayo, Cari Tahu 5.3

Mengamati Bentuk dan Permukaan Benda Cair

Tujuan
Kamu dapat menyimpulkan sifat dari benda cair

Alat dan Bahan
1. Botol bekas     4. Kaleng bekas susu
2. Mangkuk         5. Air bersih secukupnya
3. Gelas

Langkah Kerja
1. Ambillah sejumlah air, kemudian tuangkan ke dalam botol sampai penuh.
2. Tuangkan air ke dalam mangkuk sampai penuh.
3. Tuangkan lagi air ke dalam gelas sampai penuh.
4. Lakukan hal yang sama untuk kaleng.
5. Perhatikan permukaan air pada botol, mangkuk, gelas, dan kaleng .
6. Miringkan posisi setiap wadah tersebut. Bagaimana posisi permukaan air pada
    langkah nomor 6?

Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana permukaan air ketika wadah dimiringkan?
2. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?

Dari kegiatan yang telah kamu lakukan, dapatkah kamu menemukan sifat benda cair yang lain? Benar, sifat benda cair yang lain, yaitu permukaannya selalu mendatar walaupun wadahnya dimiringkan. Menurutmu, adakah sifat benda cair lainnya? Diskusikan bersama teman dan gurumu.

3. Benda Gas

Apakah yang kamu hirup ketika kamu bernapas? Dalam pelajaran sebelumnya sudah dijelaskan bahwa ketika kamu bernapas, kamu menghirup dan mengembuskan udara. Pada siang hari yang panas, kadang-kadang kita menggunakan kipas untuk menghilangkan panas. Apakah yang kamu rasakan ketika melakukan hal tersebut? Terasa udara menerpa wajahmu, bukan? Pernahkah kamu berada di ruangan atau mobil yang memiliki alat pendingin udara (AC)? Apa yang dikeluarkan oleh alat tersebut sehingga suasana di sekitarmu terasa sejuk? Benar, yang dikeluarkan oleh alat pendingin (AC) tersebut
adalah udara. Udara tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan.
Pernahkah kamu meniup balon? Balon yang semula kempis, setelah kamu tiup akan mengembang, seperti yang terlihat pada Gambar 5.2. Hal tersebut disebabkan kamu meniupkan benda gas ke dalam balon tersebut. Dapatkah kamu menyebutkan benda gas lainnya? Bagaimana dengan asap rokok, asap hasil pembakaran, asap pabrik, dan asap yang keluar
dari knalpot mobil atau motor, apakah termasuk benda gas? Contoh-contoh tersebut menunjukkan adanya benda gas. Benda gas memiliki sifat mengisi ruangan yang ditempatinya, seperti pada ruangan atau mobil yang memiliki alat pendingin udara (AC). Di dalam ruangan dan mobil tersebut udara terasa dingin.

Begitu juga dengan balon. Balon dapat mengembang karena udara mengisinya. Jika tidak ada udara yang menempati, balon tidak akan mengembang. Ayo, lihatlah kembali Gambar 5.2. Agar kamu lebih memahami sifat benda gas, lakukanlah kegiatan berikut.

Ayo, Cari Tahu 5.4

Mengamati Sifat Benda Gas

Tujuan
Kamu dapat menyimpulkan sifat dari benda gas.

Alat dan Bahan
Sediakan beberapa macam bentuk balon.

Langkah Kerja
1. Tiuplah balon-balon tersebut.
2. Setelah kamu tiup, apakah bentuk setiap balon berbeda?
3. Tiuplah balon-balon tersebut secara terus-menerus.
    Apakah yang terjadi?

Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana bentuk balon setelah kamu tiup, apakah sama bentuknya?
2. Apa yang terjadi ketika balon ditiup terus-menerus?
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?

Balon yang ditiup terus-menerus, lama-kelamaan akan pecah. Hal tersebut disebabkan benda gas yang dimasukkan ke dalam balon akan menekan dinding balon sehingga balon akan pecah. Kamu pun dapat membuktikan sifat-sifat gas
pada ban mobil, ban motor, atau ban sepeda. Jika ban sepedamu bocor, kamu akan meminta jasa tukang tambal ban untuk memperbaiki ban sepedamu. Kemudian, tukang ban akan memompa ban tersebut. Memompa ban berarti mengisi seluruh ruangan ban dengan udara.

Ayo, Berlatih 5.1

Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.
1. Apakah perbedaan antara benda cair dan benda padat?
2. Sebutkan sifat-sifat dari benda gas

B. Perubahan Wujud Benda

Tahukah kamu arang? Arang biasanya digunakan sebagai bahan bakar ketika akan membakar sesuatu. Misalnya, pedagang sate membakar satenya dengan arang. Dari manakah arang berasal? Arang berasal dari kayu. Awalnya, kayu berwarna cokelat. Setelah dibakar, kayu berubah warna menjadi hitam dan disebut arang. Benda dapat berubah sifat karena beberapa
faktor, di antaranya, pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka.

1. Pembakaran

Benda yang dibakar akan berubah sifat. Contohnya, pembakaran kayu menjadi arang. Arang terbentuk dari kayu yang dibakar. Contoh lainnya, kertas dibakar akan berubah sifatnya. Awalnya, kertas berwarna putih.Setelah dibakar, kertas berubah warna menjadi hitam dan rapuh. Ayo, perhatikanlah Gambar 5.4.

2. Pemanasan

Selain pembakaran, proses pemanasan pun akan mengubah sifat benda. Misalnya, beras yang sifatnya keras, setelah dipanaskan dan ditambah dengan air akan berubah menjadi nasi yang lunak. Contoh lain, daging sapi mentah yang liat setelah dipanaskan berubah menjadi empuk. Adonan kue yang awalnya cair, setelah dipanaskan dengan oven berubah menjadi padat.

3. Peletakan di Udara Terbuka

Coba kamu kupas sebuah apel. Kemudian, biarkan di tempat terbuka, bagaimana warnanya? Lama-kelamaan warna apel tersebut akan berubah menjadi cokelat. Sekarang, coba kamu oleskan minyak kayu putih di tanganmu dan biarkan selama beberapa detik. Apakah yang terjadi? Awalnya, minyak kayu putih berwujud cair. Ketika minyak kayu putih dioles ke tangan, tangan akan menjadi basah. Setelah beberapa saat, minyak kayu putih akan mengering dan tangan pun menjadi
kering. Minyak kayu putih jika dibiarkan di udara terbuka akan menguap, dan berubah menjadi gas. Oleh karena itu, tangan yang disemproti minyak kayu putih tadi akan menjadi kering.

Ayo, Cari Tahu 5.5

Melihat Perubahan Sifat Benda karena Pengaruh Udara

Tujuan
Kamu dapat membuktikan bahwa benda dapat berubah sifat jika terkena udara.

Alat dan Bahan
1. Kentang       3. Minyak kayu putih
2. Es krim

Langkah Kerja
1. Kupaslah kentang dari kulitnya, biarkan terkena udara selama 30 menit.
2. Simpanlah es krim dalam wadah terbuka dan biarkan selama 10 menit.
3. Oleskan minyak kayu putih ke tanganmu dan biarkan beberapa saat.
4. Tuliskan hasil pengamatan pada tabel pengamatan di buku catatanmu,
    seperti tabel berikut.

Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana keadaan kentang dan es krim setelah dibiarkan di
    tempat terbuka selama beberapa waktu?
2. Bagaimana pula minyak kayu putih setelah dioleskan ke tanganmu?
    Apakah terdapat perubahan?
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?

Kentang yang dibiarkan di udara terbuka akan berubah warna menjadi cokelat. Hal ini karena terjadi reaksi antara oksigen dan kentang. Es krim yang dibiarkan di udara terbuka akan mencair. Ketika dibiarkan di udara terbuka, minyak kayu putih akan menguap berubah menjadi benda gas.

C. Kegunaan Benda

Benda yang ada di sekitarmu memiliki kegunaan. Benda-benda tersebut dibuat sesuai dengan fungsinya. Mulai dari pemilihan bahan sampai pada bentuknya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa benda dan fungsinya.

1. Benda yang Terbuat dari Plastik

Plastik memiliki sifat yang ringan, tidak mudah pecah, dan tidak menyerap air. Ember, gayung, dan baskom terbuat dari plastik. Meja dan kursi pun ada yang terbuat dari plastik. Plastik juga banyak digunakan sebagai kantong belanja dan
bungkus berbagai makanan.

2. Benda yang Terbuat dari Kayu

Kayu memiliki kekerasan tertentu. Sifatnya yang keras membuat kayu dapat menjadi penahan beban. Kayu biasa digunakan sebagai penyangga ketika membangun rumah. Kayu juga dibuat untuk benda-benda keperluan rumah tangga, seperti tempat tidur, pintu, meja, kursi, dan lemari. Agar tahan lama, kayu dilapisi oleh zat pelapis kayu, seperti pernis dan cat.


3. Benda yang Terbuat dari Kaca

Kaca adalah benda yang bening sehingga tembus pandang atau transparan. Kaca memiliki sifat mudah pecah. Oleh karena itu, hati-hati jika memegang benda yang terbuat dari kaca. Kaca digunakan untuk membuat berbagai benda, seperti kaca jendela, botol minuman, cermin, piring, gelas, dan stoples. Semua benda tersebut tembus pandang. Artinya, jika benda-benda tersebut diisi dengan makanan, makanannya akan terlihat dari luar.

4. Benda yang Terbuat dari Kertas

Kertas merupakan benda yang sangat dekat denganmu. Buku-buku yang kamu tulis, dan kamu baca terbuat dari kertas. Oleh karena itu, kamu tidak akan dapat menulis tanpa menggunakan kertas. Cobalah kamu menulis di atas kaca, apakah kamu akan mendapat tulisan yang baik seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta bolpoin dengan baik sehingga apa yang kamu tuliskan dapat dibaca dengan baik.
Surat kabar juga terbuat dari kertas. Selain itu, majalah, amplop, map, dan layang-layang terbuat dari kertas. Tisu yang kamu gunakan untuk menyeka keringat, juga terbuat dari kertas.


Ayo, Kerjakan 5.1

Benda-benda yang terbuat dari plastik, kayu, kaca, dan kertas yang
sudah tidak digunakan dapat didaur ulang. Hal itu akan mengurangi
sampah yang kamu hasilkan. Tahukah kamu cara mendaur ulang
plastik? Carilah informasi mengenai cara mendaur ulang plastik,
kemudian catatlah langkah-langkah cara mendaur ulang plastik
tersebut di buku latihanmu.


Ayo, Cari Tahu 5.6

Mengelompokkan Benda Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Tujuan
Kamu dapat mengetahui jenis bahan yang digunakan untuk membuat
benda-benda di sekitarmu.

Langkah Kerja
Berilah tanda cheklist untuk mengelompokkan bahan-bahan pembuat bendabenda
di sekitarmu. Salinlah tabel berikut ini ke dalam buku latihanmu.

Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Benda apa saja yang terbuat dari plastik dan kertas? Mengapa bendabenda
    tersebut terbuat dari plastik dan kertas?
2. Benda apa saja yang terbuat dari kayu dan kaca? Mengapa bendabenda
    tersebut terbuat dari kayu dan kaca?
3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?


Ayo, Berlatih 5.2

Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.
1. Benda apa saja yang terbuat dari kertas?
2. Benda apa saja yang terbuat dari plastik?

Ayo, Pahami
• Benda terdiri atas benda padat, cair, dan gas.
• Benda padat memiliki sifat berbentuk tetap, meskipun dipindahkan tempatnya.
• Benda cair memiliki sifat mudah berubah bentuk sesuai dengan
   wadah yang ditempatinya.
• Benda gas memiliki sifat mudah berubah bentuk dan mengisi
   ruangan yang ditempatinya.
• Benda dapat berubah disebabkan pembakaran, pemanasan, dan
   peletakan di udara terbuka.
• Setiap benda memiliki kegunaan.

Ayo, Pelajari Kembali
Apakah kamu sudah memahami materi tentang Benda dan Sifatnya?
Setelah mempelajarinya, apakah kamu menemukan kesulitan? Jika ada,
diskusikan bersama teman dan gurumu.


Beri Penilaian

Rating : 3.7/5 (60 votes cast)


Peralatan pribadi