BAB.8 BENTUK PERMUKAAN BUMI

Dari Crayonpedia

Langsung ke: navigasi, cari

Bentuk Permukaan Bumi

Ketika sedang belajar IPA, ibu guru bertanya kepada Dimas. "Ayo, sebutkan, terdiri dari apakah permukaan bumi kita?" Dimas menjawab, "Permukaan bumi kita terdiri atas daratan dan lautan." Jawaban Dimas benar. Ibu guru melanjutkan penjelasannya mengenai daratan dan lautan. "Daratan dan lautan Indonesia sangat luas. Oleh karenanya, banyak sumber daya alam yang terkandung di dalamnya yang dapat kita manfaatkan," jelasnya. Para siswa terlihat asyik mendengarkan penjelasan dari ibu guru, begitu juga dengan Dimas, Siti, Nina, dan Leo. Agar kamu mengetahui lebih dalam tentang permukaan bumi, pelajarilah materi dalam bab ini.

Ayo, perhatikan Gambar 8.1. Tuhan yang Mahakuasa telah menciptakan sumber daya alam yang melimpah di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia terdiri atas ribuan pulau. Pulau-pulau tersebut merupakan daratan. Adapun di antara pulau-pulau terdapat lautan.

Selain Indonesia, beberapa negara lain memiliki wilayah lautan dan daratan. Tahukah kamu, bagaimana bentuk bumi? Kamu dapat melakukan pengamatannya di pantai dengan melihat kapal laut. Misalnya, pada sebuah kapal nelayan. Perhatikanlah ketika kapal datang dari tengah laut. Saat datang ke pantai, kamu akan melihat bagian atas terlebih dahulu. Kemudian, lambat laun terlihat bagianbagian yang ada di bawahnya. Setelah semakin dekat, kamu dapat melihat seluruh bentuk kapal
di atas permukaan laut. Kamu pun dapat mengamatinya saat kapal tersebut pergi menuju tengah lautan. Ketika kapal laut bergerak menjauhi daratan, di ke jauhan hanya bagian atas kapal yang terlihat.

Hal ini membuktikan bahwa pada saat kapal di tempat yang jauh, permukaan bumi lebih rendah dibandingkan tempatmu melihatnya. Dengan kata lain, tempat melihatmu dan kapal tersebut kedudukannya melengkung. Mengapa lengkungan ini tidak dapat dirasakan saat kamu mengadakan suatu perjalanan jauh di bumi? Untuk dapat mengetahuinya, lakukanlah
kegiatan berikut.

Ayo, Cari Tahu

Lengkung Permukaan Lingkaran

Tujuan
Kamu dapat mengetahui lengkungan lingkaran merupakan kumpulan garis mendatar.

Alat dan Bahan
1. Kepingan CD
2. Uang logam 1000 rupiah
3. Uang logam 500 rupiah
4. Kertas berbentuk persegi

'L'angkah Kerja
1. Letakkan kepingan CD, uang logam 1000 rupiah, dan uang logam 500 rupiah di atas meja.
2. Potong kertas sehingga berbentuk persegi yang berlubang persegi pula di tengahnya.
3. Tempelkan kertas pada masingmasing benda berbentuk lingkaran tersebut, seperti pada gambar.
4. Amatilah bentuk permukaan lingkaran yang diperlihatkan masing-masing.

Jawablah pertanyaan berikut.
1. Bagaimana permukaan lingkaran yang berada di dalam potongan kertas?
2. Mengapa di antara lingkaran-lingkaran tersebut terlihat lengkungan yang berbeda?
3. Menurutmu, bagaimana penampakan lengkung lingkaran pada lingkaran yang lebih kecil dari
    uang Rp500,00?
4. Kemudian, bagaimana penampakan lengkung lingkaran pada lingkaran yang lebih kecil dari
    kepingan CD?
5. Apa kesimpulan yang dapat kamu peroleh dari percobaan ini?

Semakin besar lengkungan lingkaran, permukaannya semakin mendatar. Hal ini disebabkan lingkaran merupakan kesatuan
titik. Pada lingkaran yang besar, jarak antar titik tersebut hampir lurus. Semakin kecil lengkung lingkaran, permukaannya terlihat semakin melengkung. Begitu pula dengan permukaan bumi. Dapatkah kamu membayangkan betapa besarnya
lengkung lingkaran bumi ini? Sebagaimana diketahui, jari-jari lingkaran bumi lebih dari 6.000 meter.

A Daratan

Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air. Wilayah yang termasuk daratan meliputi pegunungan, perbukitan, dataran, dan lembah. Bumi banyak mengandung air. Permukaan daratan pun ada yang tergenang air dan ada
yang kering. Bagian daratan yang kering adalah padang pasir, dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Bagian daratan yang tergenang air, misalnya rawa, danau, dan sungai.

1. Gunung
Gunung adalah bagian tanah yang paling tinggi, bentuknya menyerupai kerucut. Gunung terdiri atas puncak yang dibatasi oleh lereng. Lereng adalah sisi yang landai atau miring. Gunung-gunung terbentuk dalam waktu jutaan tahun.

2. Pegunungan
Pegunungan adalah rangkaian gunung yang bersambung. Daerah yang tinggi tidak selalu berupa pegunungan. Daerah yang lebih rendah daripada gunung disebut bukit. Daerah yang banyak bukitnya disebut perbukitan.

3. Dataran
Dataran ialah daratan yang perbedaan ketinggian antara satu daerah dan daerah lainnya hampir tidak ada. Dataran ada dua, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.

Dataran tinggi adalah dataran yang terdapat di daerah pegunungan. Ketinggiannya dari 500 meter sampai 1.500 meter di atas permukaan laut. Misalnya, daerah Dieng, Bukittinggi, dan kota Bandung. Dataran rendah adalah dataran yang
terdapat di daerah pantai. Ketinggiannya dari 0 sampai 500 meter di atas permukaan laut. Misalnya, dataran rendah pantai utara Jawa dan dataran rendah pantai timur Sumatra.

Ayo, Kerjakan

Tanyakanlah kepada orang tuamu atau gurumu. Apakah letak rumahmu berada
di daerah dataran tinggi atau dataran rendah? Diskusikanlah hasilnya dengan
teman sebangkumu.

4. Lembah, Jurang, dan Ngarai
Lembah adalah daratan yang rendah di antara bukit-bukit. Lembah, biasanya, dialiri sungai. Contohnya, lembah Karmel di Jawa Barat dan lembah Kuyawagi di Papua. Lembah yang dalam, sempit, dan memiliki dinding yang curam disebut jurang. Adapun ngarai adalah lembah yang dalam dan luas di antara dua dindingnya. Contohnya, ngarai Sianok di Sumatra Barat dan ngarai Kalipanur di Jawa Tengah.

Ayo, Berlatih 8.1

Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.
1. Apa yang dimaksud dengan dataran?
2. Sebutkan contoh dari dataran tinggi.
3. Sebutkan nama ngarai yang berada di Sumatra Barat.

B Lautan

Permukaan bumi banyak mengandung air. Sekitar 2/3 permukaan bumi merupakan lautan. Permukaan dasar laut pun tidak rata. Di dasar laut terdapat bukit laut dan gunung laut. Jurang yang sangat dalam di dalam laut disebut palung laut.

Wilayah lautan terdiri atas:
1. Laut, merupakan cekungan dalam yang berisi air.
2. Teluk, merupakan lautan yang menjorok masuk ke daratan.
3. Selat, merupakan lautan sempit di antara pulau-pulau.
4. Samudra, merupakan lautan yang sangat luas dan dalam.
Sejak zaman dahulu, orang-orang bepergian melintasi lautan. Kemudian, perjalanannya mereka gambarkan. Gambaran itu dipakai sebagai dasar pembuatan peta bumi. Sekarang, hal itu cukup dilakukan dengan satelit.

Pernahkah kamu melihat benda pada Gambar 8.4? Benda tersebut dinamakan globe. Globe adalah peta dunia yang digambarkan pada benda bulat seperti bola. Bentuk permukaan bumi dapat digambarkan pada sebuah globe dan peta. Peta adalah gambar dua dimensi suatu tempat di permukaan bumi. Peta harus memiliki simbol, arah mata angin, skala, dan penunjuk.

Pada globe dan peta, bagian-bagian permukaan bumi yang merupakan daratan diberi warna hijau dan kuning. Warna hijau merupakan dataran rendah, sedangkan warna kuning merupakan dataran tinggi. Pegunungan diberi warna kuning kecokelatan. Lautan, danau, dan sungai diwarnai biru. Berdasarkan yang kamu lihat pada globe, permukaan bumi manakah
yang paling luas, daratan atau lautan?

Ayo, Berlatih 8.2

Kerjakanlah soal-soal berikut di buku latihanmu.
1. Berapa besarkah wilayah lautan dibandingkan dengan keseluruhan permukaan bumi?
2. Sebutkan, apa saja wilayah dari lautan.

Ayo, Pahami
• Permukaan bumi terdiri atas daratan dan lautan.
• Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air.
• Bagian daratan yang kering adalah padang pasir, dataran rendah, dataran
   tinggi, dan pegunungan.
• Di dasar laut terdapat bukit laut dan gunung laut.
• Wilayah lautan terdiri atas laut, teluk, selat, dan samudra.

Ayo, Pelajari Kembali
Apakah kamu sudah memahami materi tentang Penampakan Permukaan
Bumi? Setelah mempelajarinya, apakah kamu menemukan kesulitan? Jika
ada, diskusikan bersama teman dan gurumu.


Beri Penilaian

Rating : 4.1/5 (490 votes cast)


Peralatan pribadi